pengertian tentang ALU

PENGERTIAN, FUNGSI DAN CARA KERJA ALU ( ARITHMETIC LOGICAL UNIT )

Pengertian ALU (Arithmetic Logical Unit) - ALU (Arithmetic Logical Unit) adalah satu dari tiga komponen processor yang berfungsi melakukan operasi perhitungan aritmatika dan logika (Contoh operasi aritmatika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND dan OR.

unduhan


ALU bekerja bersama sama dengan memory dan mendapat data dari register. Data atau hasil operasi perhitungan dan logika dari ALU akan disimpan dalam register tersendiri yaitu ALU output register, sebelum disimpan dalam memori. ALU bekerja dengan mengubah perintah kedalam bentuk Biner (0 dan 1), yang merepresentasikan instruksi yang akan dieksekusi (opcode) dan data yang diolah (operand). ALU biasanya menggunakan sistem bilangan biner two’s complement.

Rangkaian pada ALU (Arithmetic and Logic Unit) yang digunakan untuk menjumlahkan bilangan dinamakan dengan Adder. Adder digunakan untuk memproses operasi aritmetika, Adder juga disebut rangkaian kombinasional aritmatika.

 Ada 3 jenis adder:
1)    Rangkaian Adder dengan menjumlahkan dua bit disebut Half Adder.

2)    Rangkaian Adder dengan menjumlahkan tiga bit disebut Full Adder.

3)    Rangkain Adder dengan menjumlahkan banyak bit disebut Paralel Adder


Fungsi ALU (Arithmatic Logical Unit) - Fungsi ALU (Arithmatic Logical Unit) adalah untuk melakukan suatu proses data yang berbentuk angka dan logika, seperti data matematika dan statistika. ALU terdiri dari register-register untuk menyimpan informasi.Tugas utama dari ALU adalah melakukan perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. Rangkaian pada ALU (Arithmetic and Logic Unit) yang digunakan untuk menjumlahkan bilangan dinamakan de padanya.

unduhan%2B%25283%2529

ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit arithmetika dan unit logika boolean, yang masing – masing memiliki spesifikasi dan tugas tersendiri. Fungsi-fungsi yang didefinisikan pada ALU adalah Add (penjumlahan), Addu (penjumlahan tidak bertanda), Sub (pengurangan), Subu (pengurangan tidak bertanda), and, or,xor, sll (shift left logical), srl (shift right logical), sra (shift right arithmetic), dan lain-lain.


Baca juga cara kerja ALU

CARA KERJA ALU ( ARITHMETIC LOGICAL UNIT )
 ALU akan bekerja setelah mendapat perintah dari Control Unit yang terletak pada processor. Control Unit akan memberi perintah sesuai dengan...............

Operasi (ALU) Arithmetika dan Operasi  logika (logical operation)  :

Operasi arithmetika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan sedangkan Operasi logika (logical operation) meliputi perbandingan dua buah elemen logika dengan menggunakan operator logika, yaitu :
  • Sama dengan (=)
  • Tidak sama dengan (<>)
  • Kurang dari (<)
  • Kurang atau sama dengan dari (<=)
  • Lebih besar dari (>)
  • Lebih besar atau sama dengan dari (>=)

Semoga artikel yang disampaikan oleh admin dapat berguna menambah ilmu dan wawasan pembaca.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

sistem bilangan dan konversi bilangan

MAGNETIK DISK DAN OPTICAL DISK

OPERASI LOGIKA