PENGERTIAN DAN CARA KERJA MULTIPLEXER DAN DEMULTIPLEXER

Multiplexer dan Demultiplexer

1. Multiplexer

Multiplexer adalah suatu rangkaian yang digunakan untuk memperkecil jumlah output/keluaran. dengan multiplexer beberapa input/masukan dapat diperkecil output nya menjadi satu keluaran. dengan adanya multiplexer maka penggunaan kabel dalam penyaluran informasi dapat ditekan seminimal mungkin, jadi lebih hemat dalam segi biaya. perbedaan multiplexer dengan decoder adalah pada output/keluaran nya. jika pada decoder output/keluaran yang dihasilkan ada beberapa kabel, kalau pada multiplexer output/keluaran nya cukup satu kabel saja.






2. Demultiplexer 

Demultiplexer atau sering disingkat demux adalah rangkaian rangkain yang digunakan untuk memperbanyak jumlah output/keluaran. pada rangkaian demultiplexer input yang masuk diperbanya output nya menjadi beberapa output. demultiplexer adalah kebalikan dari multiplexer. perbedaan demultiplexer dengan decoder yaitu pada jumlah input nya. kalau pada decoder jumlah input nya terdiri dari beberapa kabel, sedangkan pada demultiplexer input nya hanya satu kabel.



Cara kerja

Pada rangkaian multiplexer dan demultiplexer terjadi pergantian pengiriman data pada kabel. dari satu kabel dupakai beberapa input, meskipul dengan satu kabel, karena pergantian yang begitu cepat sehingga tidak terasa kalau sedang bergantian dengan pengguna yang lain. pada gambar dibawah, misalkan dari input 1 masuk data, maka akan dikeluarkan di output 1, kemudian gantian input 2 yang mengirim data, maka data akan dikirim ke output 2, begitu juga seterusnya.


Pada rangkaian multiplexer menggunakan gerbang AND, ada beberapa gerbang AND yang disusun, dan kemudian dihubungkan menjadi satu dengan gerbang OR. pada gerbang AND input yang pertama berfungsi sebagai pengirim data, sedangkan input kedua berfungsi untuk saklar agar bisa bergantian dengan gerbang AND yang lain dalam pengiriman data. pada gambar, jika output gerbang AND yang ke bawah bernilai 1, maka data pada input gerbang AND terkirim.


Pada rangkaian demultiplexer, gerbang yang digunakan adalah gerbang AND, output dari multiplexer di cabangkan ke salah satu input-input dari gerbang AND. sedangkan input gerbang yang satu nya berfungsi sebagai saklar untuk penerima data yang masuk yang kemudian dikeluarkan ke masing-masing output.


Begitulah cara kerja multiplexer dan Demultiplexer

Komentar

Postingan populer dari blog ini

sistem bilangan dan konversi bilangan

MAGNETIK DISK DAN OPTICAL DISK

OPERASI LOGIKA